Laboratorium Sosiologi

Laboratorium Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga
1. Profil

Secara umum adanya laboratorium sosiologi adalah media untuk pengembangan sebuah ilmu khususnya sosiologi. Sebagai bagian dari prodi maka laboratorium tidak terlepas dari sumber daya yang ada di prodi sosiologi. Secara garis besar para pengajar di prodi sosiologi memiliki minat yang beragama diantaranya: bidang keagamaan, sosial, budaya, lingkungan, pedesaan, gender, politik, dan teknologi. Dengan demikian agar kajian-kajian minat tersebut dapat bermanfaat di masyarakat maka diperlukan laboratorium. Sehingga laboratorium sosiologi adalah bagian dari prodi sosiologi, yang keberadaannya diharapkan mampu menjadi ujung tombak kegiatan pengembangan ilmu baik penelitian dan pengabdian bagi civitas akademika prodi sosiologi.

2. Misi dan visi

Mengikuti misi dan visi dari Fakultas Soshum dan UIN Suka, yang pada dasarnya bertujuan untuk menjadikan prodi mampu bersaing secara ilmiah di tingkat dunia.

3. Tujuan dan Fungsi

Laboratarium sosiologi dijadikan sebagai miniatur masyarakat, sehingga mendapat gambaran secara komprehensif tentang realitas kehidupan di masyarakat. Maka laboratorium sosiologi akan berfungsi sebagai: pusat data dan informasi sosial, dapat juga dijadikan fasilitator dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kegiatan mahasiswa. Dengan demikian ilmu pengetahuan yang diperoleh dapat diimplementasikan di masyarakat dan dapat dijadikan perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi.


4. Fasilitas

Dalam rangka mengemban tiga fungsi di atas maka laboratorium sosiologi mempunyai fasilitas: - Penerbitan untuk publikasi ilmiah di tingkat Lokal dan Nasional - Penerbitan untuk publikasi ilmiah di tingkat Internasional yang tergabung di dalam jurnal-jurnal Internasional yang on line. - Perpustakaan (berupa karya Dosen dan Mahasiswa, sumber lain yang relevan) - Ruang diskusi - Komputer lengkap dengan printer, scenar, dan terdapat jaringan internet. - kamera poto, kamera video, voice recorder.

5. Kegiatan:

Laboratorium sosiologi mempunyai berbagai kegiatan:

- Penelitian tiap tahun

- Pengabdian pada masyarakat setiap semester

- Diskusi hasil penelitian dan pengabdian di tingkat Fakultas dan di luar Fakultas.

- Pembuatan film (film-film tentang kaum marjinal, korban erupsi merapi, konflik agraria, ketidakadilan gender, kekerasan agama, kisah sukses para sosiolog di dunia usaha di media on line).

- Foto-foto sosial (mengikuti pameran baik dilingkungan kampus atau di luar)

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom