Kamis, 22 Desember 2016 10:39:48 WIB Dilihat : 194 kali

Yogyakarta- Laboratorium (Lab) Sosiologi mengadakan bedah buku dengan judul “Freeport, fakta-fakta yang di sembunyikan” sekaligus melakukan peresmian aktifnya Lab Sosiologi, Selasa (20/12/16). Prodi Sosiologi mencoba mengaktifkan kembali Lab yang berada di lantai 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga. Setelah satu tahun mati suri, Lab Sosiologi mencoba mewadahi kreatifitas mahasiswa Sosiologi dalam hal akademik melalui fasilitas dan buku-buku yang telah di sediakan.

Menurut Dr. Muryanti S.Sos., M.A.selaku ketua lab Sosiologi menjelaskan bahwa sebenarnya beberapa kegiatan telah aktif di lakukan oleh Lab Sosiologi. Namun memang kegiatan yang selama ini dilakukan belum sepenuhnya mengajak mahasiswa untuk ikut terlibat. “Beberapa kegiatan yang sudah jalan selama ini ialah Jurnal. Di harapkan kedepannya yang mengisi ialah penulis dari mahasiswa kita sendiri. Terutama mahasiswa tingkat akhir,” Ujar Dr. Muryanti.

Ia juga menjelaskan mengenai kegiatan Lab yang akan terus di aktifkan sebagai salah satu wadah bagi mahasiswa Sosiologi. Salah satu kegiatan yang di rencanakan kedepannya ialah kegiatan seperti bedah buku, bedah film, serta diskusi-diskusi aktif terkait wacana keprodian. “Tahun 2017, dari Lab Sosiologi juga akan mengadakan riset yang bekerja sama dengan UNSIQ Wonosobo,” Imbuhnya.

Selain peresmian Lab, bedah buku dengan tema isu sosial juga dilakukan oleh mahasiswa Sosiologi. Buku yang berjudul Freeport, fakta-fakta yang di sembunyikan karya Pahrizal, S.Sos., M.A. & Ismantoro Dwi Yuwono, S.H. di jelaskan secara garis besar mengenai isi dan alur buku oleh Tri Muryani mahasiswa Sosiologi 2015 yang sekaligus sebagai pengurus Lab itu sendiri.

Kegiatan ini di hadiri oleh ketua Lab dari mahasiswa Putri Amalia Zain mahasiswa Sosiologi 2014, mahasiswa Sosiologi angkatan 2016 dan 2015. Hal ini menjadi langkah awal untuk menjadikan Lab Sosiologi semakin produktif dan mampu menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa khususnya Sosiologi untuk melakukan aktifitas akademiknya, baik berdiskusi, membaca buku, maupun melakukan kegiatan ilmiah lainnya. (TM)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom