Kamis, 3 November 2016 10:41:57 WIB Dilihat : 165 kali

Yogyakarta- Menghidupkan potensi desa dan melaksanakan perannya sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Workshop Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa Berbasis Kelompok Usaha Bersama (02/11/2016). Workshop kali ini mengundang Wika Harisa Putri ,SE,SH,,M.Sc,M.EI salah satu Dosen Universitas Janabadra Yogyakarta sebagai Narasumber.

Bertempat di Dusun Babadan Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul, kegiatan ini mengundang beberapa elemen masyarakat seperti PKK, Karang Taruna dan Rukun Tetangga. Acara ini meliputi pengajaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam mengantaskan kemiskinan.

Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa menjadi sebuah keniscayaan. Hal ini mengingat keberadaan desa menjadi agen yang strategis dalam program pembangunan. UU Desa No 6 tahun 2014 mengamanatkan terbentuknya otonomi kemandirian desa . Desa harus didorong untuk melakukan pemberdayaan bagi masyarakat desa.

Dalam sambutan pembukannya, Dr. Sulistyaningsih,S.Sos,M.Si selaku ketua workshop mengharapkan acara ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Semoga acara ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Serta mampu menjadikan usaha yang didirikan menjadi usaha yang produktif,” Ungkapnya.

Hal yang sama juga di ungkapkan oleh ketua RT setempat. Menurutnya, acara ini diharapkan mampu menambah pengetahuan warga setempat terutama yang hadir dalam acara ini. “Mugi-mugi anggen kiprah wonten acara ini bermanfaat kangge pegangan lan nambah pengetahuan,” Kata Widono selaku ketua RT.

Hadir pula ketua KUBE Dusun Babadan, Sarjiyati, menurutnya akhir-akhir ini KUBE yang dikelola masyarakat dan dinamai sebagai KUBE Sedap Melati ini terlihat Vacum. Pasalnya, minimnya orderan membuat semangat aktivis KUBE menjadi menurun. Namun sebenarnya masih banyak potensi dari warga setempat yang perlu diwadahi.

Menurut Wika selaku Narasumber, masalah seperti ini memang sering terjadi apalagi dalam suatu kelompok masyarakat. Ia juga memberi beberapa masukan kepada KUBE Sedap Melati akan pentingnya kekompakan dalam suatu kelompok bersama. Tidak hanya itu, butuh orang-orang yang memiliki peran seperti pahlawan.

“Di butuhkan pahlawan dalam KUBE. Siapa pahlawan KUBE?. Yang ngalahan dan mampu memahami yang lain,” Jelas Wika. (tri)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom